Defenisi Baju Koko dan Bagaimana Cara Memilihnya Agar Terlihat Lebih Menarik Beserta Rekomendasi Baju Koko.

Baju koko terinspirasi oleh pakaian tradisional masyarakat Tionghoa yang dikenal dengan nama tui-khim. Nah, kenapa masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan baju koko? Alasannya, karena pada zaman dahulu, yang biasanya memakai baju tui-khim adalah "engkoh-engkoh". Kemudian, dieja dalam Bahasa Indonesia menjadi "koko". Karena itu, banyak masyarakat yang menyebutnya dengan sebutan "Baju Koko".

Bagi masyarakat Indonesia, baju koko identik sebagai pakaian muslim untuk pria. Biasanya, baju ini digunakan saat beribadah atau acara keagamaan lainnya. Namun, seiring berkembangnya fashion muslim, baju muslim untuk pria pun ikut mengalami kemajuan. Sudah banyak yang menawarkan baju koko yang kekinian dan fashionable, tetapi tetap syar'i. Anda pun bisa menggunakannya untuk acara formal hingga nonformal.

CARA MEMILIH BAJU KOKO

Pilihlah baju koko berdasarkan panjang lengannya

Baju koko memiliki ukuran lengan yang beragam, seperti lengan panjang, lengan 3/4, dan lengan pendek. Perbedaan panjang lengan tersebut akan membuat tampilan Anda berbeda. Tentunya, Anda pun dapat memilih baju koko berdasarkan panjang lengan yang sesuai dengan style Anda.


1. Lengan panjang : Cocok digunakan untuk acara formal

Jika Anda ingin menciptakan tampilan yang lebih formal, baju koko berlengan panjang bisa Anda jadikan pilihan. Selain digunakan untuk beribadah, baju koko ini bisa Anda gunakan untuk acara formal. Dengan mengenakan baju koko berlengan panjang, tampilan Anda pun akan terlihat lebih berwibawa.


2. Lengan 3/4 : Untuk tampilkan kesan semi formal

Apakah Anda kurang percaya diri jika menggunakan baju koko berlengan pendek? Atau kurang nyaman jika harus menggunakan baju koko berlengan panjang? Nah, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan baju koko berlengan 3/4. Dengan menggunakan lengan 3/4, ukuran lengan Anda pun akan tersamarkan. Anda bisa menggunakan baju koko ini untuk acara santai dan acara semiformal.


3. Lengan pendek : Cocok untuk acara santai


Baju koko berlengan pendek ini memiliki look seperti kemeja pria pada umumnya. Namun, baju koko berlengan pendek biasanya memiliki kerah yang lebih simpel. Selain itu, jenis atau modelnya lebih bernuansa islami. Anda pun dapat menggunakan baju koko berlengan pendek untuk pergi ke kampus atau hangout bersama kawan.

Pilihlah jenis baju koko yang diinginkan

Sebelum menentukan pilihan, Anda perlu mengetahui jenis-jenis baju koko yang ada di pasaran. Untuk itu, kami akan menjelaskan jenis baju koko di bawah ini. Pilihlah sesuai jenis baju koko yang diinginkan, ya!

1. Setelan baju dan celana, lebih senada dan praktis

Baju koko setelan terdiri dari atasan dan bawahan berupa celana dengan warna yang senada. Modelnya pun dibuat lebih longgar dengan gaya yang simpel. Jika Anda memilih baju koko dengan setelan celana, Anda tak perlu repot lagi mix and match atasan dan bawahan. Anda juga akan mendapatkan baju dan celana dengan harga yang ekonomis dan lebih praktis.

2. Atasan saja, mudah dipadukan dengan celana atau sarung

Jika Anda lebih tertarik untuk mix and match pakaian, pilihlah baju koko yang terdiri dari hanya atasan. Karena terdiri dari satu potong atasan, Anda pun dapat memadukannya dengan celana jeans, celana formal, atau sarung. Tentunya, style Anda pun dapat disesuaikan dengan acara yang akan Anda hadiri. Selamat bergaya, ya!

10 Rekomendasi baju koko terbaik

Di bawah ini, kami akan memberikan rekomendasi baju koko terbaik. Anda dapat memilih salah satu produknya berdasarkan model dan jenis baju koko yang sesuai dengan kebutuhan.

1. KOKO ALSYAF

















                            Rp 129.500,00

Koko Alsyaf dari Zatta Men ini didesain dengan model lurik dan motif etnik. Dengan kombinasi motif dan warna maroon membuat baju koko ini sangat cocok digunakan untuk acara formal. Tentunya, tampilannya Anda pun akan terlihat lebih manly dan berwibawa. 
Selain itu, bahannya sangat nyaman, adem, dan dapat menyerap keringat dengan baik. Sangat nyaman dipakai, bukan? Di bagian dada sebelah kiri juga terdapat kantong yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan uang atau sapu tangan.


2. Kaftan ZM Argus



















                           Rp 144.500,00


Jika Anda ingin memiliki baju koko bergaya Timur Tengah, produk dari Zatta Men ini bisa menjadi pilihan Anda. Didesain dengan lengan pendek dan panjang baju di atas lutut, produk ini dapat Anda gunakan untuk acara kasual. Apalagi, motif kotak kecil yang disajikan membuat tampilan Kaftan Zm Argus ini menjadi lebih trendi.


3. GAMIS PRIA



















                         Rp 169.500,00

Apakah Anda ingin menggunakan baju koko yang praktis dan ekonomis? Produk dari Qomishu merupakan pilihan yang tepat. Baju ini didesain dengan dominasi warna putih dan list warna abu di bagian lengan, kancing, dan saku. Meskipun terlihat sederhana, produk ini cocok menemani Anda saat beribadah. Harganya terjangkau plus dengan satu set celana. Tak perlu repot mencari celana yang senada lagi, bukan.


4. Aldebaran Palestina



















                          Rp 145.000,00

Baju koko dari Aldebaran ini memiliki desain warna bendera Palestina. Bahannya dibuat dari katun berkualitas yang cukup tebal, tetapi tidak panas. Dominasi warna hitam membuat warna bendera Palestina di bagian kerah dan lengan lebih tampak. Menarik, ya?
Jika Anda menyukai produk dengan konsep unik dan menarik, produk ini bisa menambah koleksi baju koko Anda. Apalagi, jika Anda membeli baju koko Palestina ini, Anda pun ikut berdonasi untuk Palestina!

5. BunayyaKurta Qays




















                                 Rp 215.000,00

Bagi Anda yang mencari baju koko yang bisa digunakan untuk berbagai acara, produk inilah pilihannya. Kurta Qays dari Bunnaya memiliki kancing kecil di bagian bawah lengan dan bagian depan. Kancing berwarna kontras tersebut membuat tampilan baju koko lebih menarik.

Di samping itu, lengannya dibuat 3/4 dan panjang baju sedikit lebih panjang di atas lutut. Dengan desain semi kasual tersebut, Anda pun tidak mati gaya jika harus menggunakannya untuk pergi ke masjid atau hangout bersama teman. Jangan lupa pilih warna favorit Anda, ya!


6. Kurta Pakistan Bordir Motif Religi











                          Rp 198.000,00

Nah, jika Anda ingin tampil ala orang Pakistan, produk dari H&L ini merupakan pilihan tepat. Selain itu, produk ini akan membuat tampilan Anda lebih maskulin meskipun dengan kombinasi warna abu dan pink. Detail bordir di bagian kerah hingga bagian depannya akan memberikan kesan elegan. Kapan lagi tampil maskulin dengan busana koko eksklusif?


7. Khalil Koko











                            Rp 330.000,00


Khalil Koko didesain dengan warna berbeda di bagian lengan dan bawah baju. Kombinasi warna biru dan navy membuat tampilan Anda terlihat lebih muda! Kancingnya pun hanya sampai di bagian perut saja. Baju koko dengan gaya anak muda terkini ini sangat cocok menemani Anda ke kampus atau ke kajian. Selamat bergaya!


8. Gamis Krakatoa











                        Rp 250.000,00


Anda mencari gamis lelaki dengan desain yang stylish? Pilih saja Gamis Krakatoa dari Bunayya ini. Desainnya sederhana, tetapi tetap elegan. Warna mocca-nya membuat kulit Anda lebih terang. Selain itu, di sisi kanan terdapat kantong yang bisa Anda gunakan untuk menaruh smartphone atau dompet. Bahannya pun tidak mudah kusut!


9. Amr Black











                          Rp 125.000,00


Produk ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang menyukai desain kombinasi batik. Amr Black dirancang dengan kombinasi katun berwarna hitam dan batik yang unik. Di bagian dada kiri terdapat saku yang tidak terlihat. Kancing depannya pun didesain tak terlihat dengan tambahan kain untuk menutupinya. Alhasil, motif batiknya pun akan terlihat lebih menonjol!


10. Yassar Hoodie Kurta











                              Rp 380.000,00

Ini dia, baju koko dengan model kurta anti-mainstream yang akan menemani Anda dalam berbagai aktivitas. Kombinasi warnanya terbilang cukup kalem yaitu abu-abu dan putih. Meskipun begitu, produk dari Gerai Hawa ini memiliki model yang sangat trendi.

Selain terdapat fitur hoodie, Yassar Hoodie Kurta ini juga memiliki kantung dengan dua lubang pada bagian depan. Di bagian lengan terdapat kancing yang sedikit memberi kesan lebih formal. Anda bisa tampil makin modis dengan baju koko ini!

Komentar